Jumat, 12 Februari 2010

Blogging Tips supaya Search Engine Friendly!


Setelah melihat blog Payet Gaun Pesta saya, banyak banget yang tanya, "Gimana caranya bikin blog sukses dan populer?". Dan biasanya saya selalu  sedia membagi ilmu dan membantu mereka membuat blog pertamanya. Ada yang tujuannya usaha dagang, ada yang cuma ingin bikin curhatan, ada yang kepingin go public aja biar eksis...Yah, sejauh positif sih okelah...^_^  tapi lebih banyak yang ingin bisa mempromosikan bisnisnya yang sudah berjalan, semacam toko-toko offline. Atau memulai bisnis online seperti saya ini...

Sayangnya, hampir semua niat ngebantu tadi jadi bikin saya jengkel. Apa pasal? Sebab, pada akhirnya mereka tidak mau berusaha mencari tahu sendiri info-info yang berkaitan untuk pengembangan blog itu selanjutnya. Ujung-ujungnya terus menerus menelepon saya dan merongrong dengan rengekan minta dibantu update, minta dibantu isi content dan juga mengembangkan ini-itunya...And all for free! Masya Allah klo mau dibilang itu jatah kerjanya seorang profesional blogger...Ckckck...pantas saja banyak orang jadi malas berbagi info ya, abisnya banyak orang yang gak mau berusaha sendiri, mau terima beres aja tanpa memikirkan kepentingan orang lain yang dimintai tolong...Waktu saya juga kan gak banyak untuk mengurusi blog orang lain ya...Ngurus milik sendiri aja sudah kewalahan....hehehehe...jadi curhat!

Tapi itu sekelebat gambaran yang memang terjadi dan nyata saya alami. Mengajari dan mengambil alih tugas itu kan 2 hal yang berbeda... Saya memilih untuk membagi tips2nya disini saja dan menyerahkan pengembangannya pada masing2 pembaca ...Karena poinnya saya mau berbagi ilmu tentang blog yang search engine friendly ( terutama masuk search Google ) jadinya bla3x yg lain saya skip aja ya. Semangat!
  • Yang pertama perlu dimiliki ya sudah pasti blog itu sendiri. Nah untuk itu sudah banyak panduan dalam bahasa Indonesia yang bisa diikuti teman2. Saran saya tentu Blogspot! Faktanya sebagai produk keluaran Google, semua yang qta butuhkan dalam sebuah blog ada disini. Maksudnya blog yang potensial menghasilkan uang dan masuk daftar Search.^0^
  • Pilih desain yang sederhana aja. Pilihlah dari salah satu template klasik yang disediakan Blogspot. Ingat donk, tujuan utamanya kan masuk daftar Google dan cari uang/omset! Jadi gak perlu desain yang cantik atau rumit!
  • Jangan memakai Flash Technology. Memperlambat loading sehingga menyulitkan orang untuk mengakses blog kalian.
  • Jika memuat foto-foto, gunakan foto yang besarannya maksimal 3 MB. Re-size jika perlu.
  • Tulis Judul yang menarik dan "berhubungan" dengan isi tulisan. Ini akan membuat orang/visitor kembali atau bahkan mengikuti blog kamu. 
  • Gunakan kata kunci atau keyword yang tepat! Yaitu kata-kata yang sekiranya umum dipakai atau berhubungan  dengan topik bahasan kamu. Misalnya kalau sedang membahas soal motor ya jangan tulis istilah makanan. Gitu jelas donk? hehehe..
  • Jangan mengulang kata kunci. Google tidak suka hal-hal yang berlebihan.
  • Daftarkan blog kamu ke berbagai Search Engine/ Mesin Pencari. Daftarnya bisa kamu cari di buku-buku tentang blog. Jangan langsung cari di Google, ada banyak hal yang sebaiknya kamu pelajari dari pengalaman orang-orang lain yang lebih ahli. 
  • Jangan sembarang menerima tukaran link. Cek dulu apakah link yang diberikan termasuk link yang sehat atau yang masuk kategori spam? Misalnya yang hanya berisi directory atau jiplakan content blog lain. Biasanya ini milik para pengejar adsense...^_^
  • Tentukan Niche atau Topik utama blog kamu itu. Seperti blog saya ini yang khusus membahas tentang Gaun Pesta dan Pengantin. Postingan yang variatif  dengan bahasan berbeda dari pokok bahasan sesekali boleh dirilis sebagai penyegar dan selingan...Contohnya ya tulisan saya kali ini tentang blogging...heheheh..
  • Anchor text atau teks penting yang akan menancapkan visitor di blog kamu sebaiknya tidak berupa kata-kata "klik disini", "here" atau semacamnya. Lebih baik diganti dengan kata -kata berupa link yang berbaur dengan kalimat seperti : Daftar Harga Jahit Gaun Pesta 2010.
  • Update-lah secara berkala. Gak mesti setiap hari tapi teratur. Isi dengan tulisan-tulisan yang bermutu dan sifatnya menarik, menambah pengetahuan, unik, dll. 
  • Selalu cek fitur-fitur layanan baru dan cobalah untuk mengetahui cara kerjanya. Dengan begitu blog kamu akan selalu selangkah lebih maju dari yang lain.
Nah, sisanya adalah kerja keras dan pencarian ilmu atau pembelajaran. Tanpa niat dan keringat pastinya apa pun takkan tercapai...Ya kan? 
Semoga bermanfaat, selamat nge-blog! :))

Contact person: adhinatalia [esia] 021-9948 5040 ; [flexi] 021-3399 3273


Terima jahit gaun pesta, gaun pengantin, kebaya akad dan kebaya modern utk personal. Detail klik ke http://payetgaunpesta.blogspot.com


Blog Posting, Photos and Text are Originally Belong/Written by adhinatalia. Reviews and Photos from other site will include source's/author's link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika butuh jawaban segera, silahkan hub via no whatsapp yang tercantum di box kiri paling atas. No telpon Esia ( 021 ) sudah tidak berlaku. Please not leaving some ads of your own web. I will mark those as spam. Thanks untuk kesediaan teman2 meninggalkan komen. Sukses selalu!

Klik Ikon Segitiga utk membaca Judul2 Postingan Sebelumnya