Senin, 04 Agustus 2008

Bahan Gaun Pengantin dan Brokat Kebaya.


Ini contoh bahan brokat tulle yang paling umum digunakan sebagai bahan gaun pengantin atau kebaya pernikahan. Selain warnanya yang putih polos dan tanpa campuran warna perak atau warna lain membuatnya mudah dikreasikan seindah mungkin saat dipayet, bahan seperti ini memiliki motif timbul pada bunga2nya sehingga mudah dibuat aplikasi untuk krah, leher, lengan dan lain2 sesuai model yang diinginkan. Sebagai contoh perhatikan bunga yang sudah digunting ini..

Jenis brokat yang bermotif timbul baik yang berwarna mau pun polos lebih mudah dijadikan bahan aplikasi terutama untuk kebaya-kebaya modern. Perhatikan bentuk bunganya yang cantik dan berimbang. Jika ingin membuat kebaya modern yang banyak menggunakan aplikasi sebaiknya memilih motif bunga yang seperti ini dan jangan yang memanjang bak sulur-suluran. Selain itu perhatikan jarak antar bunga pada rentangan brokat seperti pada foto di bawah ini,



Motif Bunga timbul yang berdekatan membuat ruang kosong pada gaun berkurang, dan menyediakan lebih banyak bunga untuk bahan aplikasi tanpa harus membeli bermeter-meter kain. Aplikasi lainnya yang mempercantik gaun adalah bentuk ombak pada pinggiran bahan. Seperti tampak di foto di bawah ini,



Ini adalah contoh renda/ombak pinggiran bahan brokat yang dipakai untuk keliling leher, bagian depan, dan pinggiran gaun/kebaya. Foto di atas ini adalah contoh ombak kecil yang tinggi pucuknya kurang lebih 10-12cm. Ukuran tinggi pucuk bervariasi tergantung pada bahan itu sendiri.



Sedangkan pada gambar di atas ini, tinggi pucuk ombaknya kurang lebih 18-22cm. Khusus pada foto ini jenis brokatnya hanya bermotifkan ombak/pinggiran saja. Memang disediakan sebagai bahan pelengkap gaun pesta/pengantin untuk aplikasi pada ekor gaun pengantin internasional atau pinggiran kebaya pengantin. Lebih jelasnya perhatikan foto di bawah ini...
Nah, tampak pada foto di atas bahwa brokat ini memang telah dikhususkan untuk motif pinggiran saja/ombak. Namun biasanya warna yang tersedia terbatas hanya putih dan broken white/off white.

Semoga sedikit artikel ini bermanfaat untuk teman2 yang ingin tau lebih banyak mengenai bahan dan pilihan motif yang bagus/sesuai dengan desain gaun dan aplikasi yang diperlukan.

Cheers.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika butuh jawaban segera, silahkan hub via no whatsapp yang tercantum di box kiri paling atas. No telpon Esia ( 021 ) sudah tidak berlaku. Please not leaving some ads of your own web. I will mark those as spam. Thanks untuk kesediaan teman2 meninggalkan komen. Sukses selalu!

Klik Ikon Segitiga utk membaca Judul2 Postingan Sebelumnya