Jumat, 30 April 2010

Dunia Online: Cinta, Tawa dan Air Mata seorang Single Parent..Me!

Dulu, dunia saya hanya 'sejangkauan lengan-sepelangkah kaki-sepantauan mata memandang.'..hanya bisa mengenal orang yang dikenalkan oleh seseorang yang sudah pernah saya kenal sebelumnya atau kebetulan bertemu di suatu acara lingkungan. Tetangga, Saudara, Teman sepermainan, Teman Gereja.....Just that far!

Tapi kini, saya sangat bersyukur bahwa pada suatu masa di hidup saya 5 thn lalu, saya telah memutuskan untuk memperjuangkan niat saya belajar Internet dengan setiap keping rupiah yang saya sisihkan untuk membayar warnet setelah memenuhi kebutuhan makanan anak-anak saya. 

Kisahnya dimulai 9 thn yg lalu......Perceraian dan kebutuhan ekonomi dalam membesarkan anak-anak mendorong saya untuk meneguhkan hati dan berani mendobrak keluar dari zona aman. Dari lingkungan yang saya kenal. Kata 'mendobrak' saya gunakan krn benar2 mewakili apa yang saya lakukan dalam menjalani Iman saya. Karena sebagai seorang Ibu yg kuno, saya tidak mau anak2 saya besar di tangan orang lain sementara saya sibuk bekerja di kantor. Saya percaya bahwa masa-masa awal pertumbuhan seorang anak, karakternya hrs dibentuk dengan benar, dengan didikan kita sendiri sebagai ibunya...dengan bimbingan kita sendiri...Jadi saya memutuskan untuk bekerja sambil mengurus anak2. Dan berbekal bujukan seorang teman masa kecil yg mengajak saya membantu usahanya yg sudah mulai maju sebagai desainer gaun pesta ( awal saya belajar fashion ), saya pindah ke Jakarta. Sebuah keputusan yang luar biasa mengingat sejak lahir sampai punya anak-anak, saya tidak pernah keluar dari kota Bandung. Apalagi mengingat tiada seorang pun di kota ini yg saya kenal selain teman saya itu dan suaminya.

Banyak masalah datang silih berganti setiap hari. Sebuah rutinitas kehidupan, saya rasa...namun bagaimana pun saya menyukai kota ini...Jakarta, selewat masa-masa kelam transisi reformasi...masih tetap indah memukau...Saya menghadiri Misa suatu malam di Katedral yang saat itu kedatangan Koor pemenang sebuah ajang bergengsi. Malam itu Katedral terlihat bagai Istana yg dipenuhi suara merdu. Saya merasa bahagia untuk pertama kalinya di sela hidup saya yang terasa hancur dan sendirian. 

Saya termasuk orang yang tidak betah berdiam saja mengikuti rutinitas kerja, saya mau maju...saya HARUS maju...ada dorongan dari hati yang menyuruh saya berusaha terus mencari jalan untuk maju. Otak saya trs berputar agar kehidupan kami bisa lebih baik lagi. Sampai akhirnya saya terpikir untuk mulai belajar Internet dan Chatting, karena saya telah merasa bahwa itu akan jadi sebuah ilmu yang sangat penting untuk dimilliki kelak. Sebuah Investasi pada kualitas diri yang tak akan hilang bahkan justru bertambah.

Kemampuan berbahasa Inggris yang ditanamkan oleh Ayah saya sejak kecil sangat membantu dalam memahami berbagai instruksi saat mempelajari cara-cara menggunakan ikon-ikon maya. Bahkan seringkali membuat saya lebih paham dibanding teman-teman lain yang kemudian saya kenal. Padahal saya sangat terlambat mengenal internet. :))

Percaya tidak percaya, saya kemudian mulai memperluas kenalan walau sempat diusir dari ruang chat...pasalnya saya bertanya soal cara mengiklankan usaha atau peluang usaha di chat room umum yg nota bene berisi pembicaraan ngalor ngidul...:D Pernah dengan noraknya bingung ketika seluruh layar monitor penuh dengan BUZZ kotak chat private YM yg terus bermunculan sampai rasanya layar komputer tak terbaca lagi...Wadoh! dan saya tak tahu bagaimana menghilangkannya...

Jatuh bangun bergelut di bidang Jahit Menjahit Gaun Pesta terus berjalan. Belajar Internet pun trs berjalan setiap kali sempat. Semuanya membawa saya pada beberapa persahabatan yang akhirnya bertemu secara nyata. Beberapa membantu saya mengerti lebih dalam lagi tentang istilah-istilah dunia maya, beberapa mengajari saya tentang dunia multi media. Hingga kini istilah IT/TI tidak lagi jadi suatu kata asing bagi saya...:))

Kisah-kisah persahabatan online ini sangat dalam menjadi bagian kenangan saya, ada sedikit  yang terkait Cinta, tapi lalu kembali Bersahabat...Ada pertengkaran dan salah paham..namun juga Kehangatan Persaudaraan...Teman-teman saya itu...yang dari pertama kali saya belajar online...sampai kini masih jadi bagian hidup saya...juga bahkan di Facebook hingga hari ini...:)) Teman-teman yang tahu bagaimana saya berjuang sedari dulu....dan yang jadi pelita hati di saat suram. Hi Guys! U are all very precious!

Sebuah nasihat kuno berkata, "Sang Waktu akan membuktikan nilai dari segalanya..." Dan hari ini, saya punya banyak sekali teman untuk berbagi kisah serta pengalaman dari seluruh Indonesia sampai Manca Negara. Dari berbagai latar belakang dan status sosial....yang membuktikan bahwa tak selalu budaya Online itu negatif. Semua itu sangat membuka mata saya....

Hasil kerja keras saya terbayar dengan blog ini....:D dan saya ingin menyemangati kalian dimana pun kalian berada. Internet hanyalah sebuah Media, apakah efeknya akan baik atau buruk...hal itu kembali kepada hati nurani masing-masing saat menggunakannya...Untuk berbohongkah atau untuk jujurkah? Bukan berarti kita harus membeberkan semua identitas atau keseharian kita...Tapi at least, ada hal-hal yang bisa kita katakan apa adanya...seperti menikah/single? :p 

Akhir kata, ini bukan curhat colongan..ahahaha...hanya tiba-tiba ingin berbagi sedikit pengalaman...barangkali ada di antara teman2 yang sedang memerlukan dorongan semangat. Kerja keras akan selalu dibarengi dengan hasil. Baik Materil maupun Moril. Tapi kita juga harus jeli me-manage kerja keras kita agar tak jadi sia-sia selama bertahun-tahun. Terus berfokus pada tujuan untuk naik ke atas. Biar pun jatuh dan sakit hati, jangan menyerah untuk berusaha naik ke atas. Tetapkan pijakan dan terus asah kemampuan.Terus perbaiki diri. Jangan menyalahkan orang lain...

Suatu hari kita mungkin bertemu di kebahagiaan yang sama...:D God Bless U all...teman2 q...dan siapa pun kalian yang membaca postingan ini!

Contact person: adhinatalia [esia] 021-9948 5040 ; [flexi] 021-3399 3273
Terima jahit gaun pesta, gaun pengantin, kebaya akad dan kebaya modern utk personal. Detail klik ke http://payetgaunpesta.blogspot.com

Boleh meng-copy artikel dan diposting ulang di blog atau web Anda tanpa perubahan dengan menyertakan link ke artikel asli di blog ini. Boleh menggunakan sketsa dan rancangan untuk keperluan pribadi ( bukan untuk komersial/jualan ) dengan menyertakan informasi asal rancangan dari blog ini dan atas nama adhinatalia. Penawaran kerjasama untuk promo media, iklan atau pemakaian konten blog ini dgn tujuan menghasilkan profit wajib memberitahukan dan mendapatkan persetujuan dari saya sebagai pemilik blog. Terimakasih!

Blog Posting, Photos and Text are Originally Belong/Written by adhinatalia. Reviews and Photos from other site will include source's/author's link. No derivative of this blog content. Any commercial purposes needs approval from me (adhinatalia). You may re-post this article, share or re-publish the image on your web/blog with an URL inserted linking to the original content from this blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika butuh jawaban segera, silahkan hub via no whatsapp yang tercantum di box kiri paling atas. No telpon Esia ( 021 ) sudah tidak berlaku. Please not leaving some ads of your own web. I will mark those as spam. Thanks untuk kesediaan teman2 meninggalkan komen. Sukses selalu!

Klik Ikon Segitiga utk membaca Judul2 Postingan Sebelumnya